Selasa, 18 Mei 2010

JELANG PILKADA: APA YG DAPAT ANDA PERBUAT UNTUK BULUKUMBA?

Jelang PILKADA Bulukumba, orang-orang Bulukumba di rantau juga banyak mendiskusikannya. PILKADA Bulukumba yang sebentar lagi akan dihelat menjadi perhatian mereka. Tapi tak sadar bahwa tanah kelahirannya membutuhkan dia. Saya sering berujar kepada teman-teman bahwa orang Bulukumba itu konsisten dengan motto daerahnya'"Bulukumba Berlayar" tapi mereka tak pernah berpikir untuk kembali berlabuh.

Bulukumba saat ini membutuhkan perhatian semua pihak. Banyak potensi daerah yang ada tapi tak dapat dikelola dengan baik. Kelautan, perikanan, perkebunan dan potensi daerah lainnya dikelola tidak terencana. Bayankan nelayan yang ada di kampung saya Kajang malah menjual ikannya ke Kalimantan, ke Lappa Sinjai. Apa sebab? Infarstruktur untuk mengembangkan semua potensi daerah tidak tergarap dengan baik.

Orang-orang pintar Bulukumba tak terkira jumlahnya, namun tak pernah di manfaatkan. Kebanyakan putra daerah banyak berkiprah di luar. Manfaat tentu saja untuk kepentingan daerah dimana mereka berdiam/bermukim. Adakah kita semua memikirkan hal itu?

Saya dan anda semua mungkin ada dalam lingkaran ini, tapi apa mau dikata, peran apa yang dapat kita ambil untuk memajukan daerah tercinta? Harusnya pemerintah daerah memikirkan ini semua dan membuat terobosan penting untuk memanfaatkan potensi SDM Bulukumba untuk banyak berkiprah di tanah kelahirannya.

Semoga kita semua peduli akan hal ini.... dan mari berpartisipasi untuk menentukan pemimpin Bulukumba 5 tahun ke depan. Partisipasi anda tidak harus mencoblos di daerah kelahiran Anda, anda bisa melakukannya dengan mempengaruhi opini publik untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan memulai dari pemimpin yang baik .... siapa mereka? silahkan anda lihat trac rekor para kandidat. Semoga PILKADA Bulukumba sukses tanpa ada riak-riak yang dapat menjatuhkan citra Bulukumba di mata publik.